Sabtu, 23 Juni 2012

Tips Strategi Belajar Yang Baik


Sudah belajar mati-matian, tapi nilai ujian masih aja tetap memprihatinkan? itu berarti kamu perlu setrategi belajar yang baru, untuk mendongkrak nilai mu. Dengan semboyan "study smart, not hard", kamu pasti bisa mencapai sukses dalam belajar. Belajar itu tak perlu ribet kok, yang perlu kamu lakukan hanya atur strategi yang oke. Tips dibawah ini mungkin bisa sedikit membantu mu dalam belajar.


Strategi 1 : Atur Jadwal
Buatlah jadwal belajar dengan detail. Jadwal belajar yang baik, tidak hanya diisi dengan belajar, tapi juga harus ada jadwal istirahat nya. Biar ingat jadwal nya, tempel di tempat yang sering kamu lihat dan kontrol diri untuk selalu mematuhinya.

Strategi 2 : Atur Suasana
Suasana juga sangat menunjang dalam belajar kamu. Untuk itu, atur suasana tempat belajar yang tenang dan nyaman. Pilih posisi belajar yang tidak terlalu dekat maupun terlalu jauh dengan lampu, dan singkirkan semua barang yang nggak penting karena itu bisa mengganggu konsentrasi kamu.

Strategi 3 : Baca Sekilas
Sebelum menghafal yang perlu dipelajari, terlebih dahulu kamu baca sekilas buku catatan atau buku pelajaran kamu. Beri tanda pada bagian yang penting, baru membacanya lagi dan mulai menghafal bahan pelajaran yang penting. Bagi kamu yang suka membaca dengan suara, coba kamu baca dengan suara keras agar kamu mudah mengingatnya.

Strategi 4 : Usir Stress
Stres dalam belajar pasti bikin kamu bete dan itu bisa saja terjadi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa usir stres dengan berhenti belajar sejenak. Kalau kamu sudah merasa sulit untuk konsenstrasi, lelah dan cepat lupa, segera lakukan pertolongan pertama, yaitu dengan rileks. Letakkan buku dan segera lakukan hal yang menyenangkan dan bebaskan pikiranmu. Bisa dengan nonton TV, mandi atau nelpon sahabat kamu (tapi jangan bahas pelajaran). Jangan lupa ingat waktu dan beri batas antara 15-30 menit buat acara relaksasi. Awas, gawat kalau kelamaan, nanti jadi lupa belajar lagi deh. Selain rileks, ubah cara pandang kamu terhadap diri sendiri. Daripada berpikir negatif dan pesimis, coba deh bilang beberapa kali "Aku Pasti Bisa !". Setelah kamu selesai mempelajari satu bab, kamu bisa keluar sebentar untuk ambil cemilan atau bermain dengan binatang peliharaan mu.

Strategi 5 : Buat Tanya-Jawab Sendiri
Buat pertanyaan dan jawab sendiri tanpa melihat buku. Ini melatih otak kamu selama menghafal tadi. Biasanya di akhir bab atau soal-soal yang diberikan gurumu ada pertanyaan nya, coba kamu menjawabnya. Dengan begitu kamu bisa mengukur apakah kamu sudah menguasai bahan tersebut atau belum.

Strategi 6 : Baca Ulang
Semua bahan yang sudah dipelajari, terutama bagian atau rumus penting yang sudah kamu tandai tadi, baca berulang kali. Kalau perlu buat rangkuman di selembar kertas supaya kamu bisa membacanya di mana saja. Sesaat setelah kamu bangun tidur pada pagi hari, baca lagi point penting yang sudah kamu pelajari, karena saat itu adalah saat yang paling baik untuk mengingat nya.

Gimana guys, setrategi belajar nya oke kan? Kamu bisa mencoba tips-tips diatas,dijamin belajar kamu akan semakin asyik. Jangan lupa istirahat yang cukup untuk memulihkan energi mu. Jangan sekali-kali belajar dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), karena belajar mu nggak akan berguna kalau terlalu lelah saat ujian nanti. Selamat mencoba ya!
"Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar