Sabtu, 23 Juni 2012

Beberapa Hal Penting Tentang Artikel Blog

Ketika pertama kali mencoba menulis blog, jujur saja saya sempat merasa susah untuk menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan dengan baik. Mungkin anda juga pernah merasakannya bukan? Iya, karena ternyata untuk  menulis itu butuh pelatihan dan kerja keras sehingga tulisan yang kita hasilkan nanti bisa berkualitas dan mempunyai nilai manfaat bagi orang lain.
Sebenarnya tidak ada batasan atau aturan tersendiri dalam menulis blog, semuanya dikembalikan kepada pemilik blog itu sendiri mau mengisi blognya dengan tulisan yang seperti apa. Tapi tidak ada salahnya apabila anda memperhatikan beberapa hal berikut ketika akan menulis postingan/artikel untuk blog anda.
1. Interaktif
Alangkah baiknya jika blog anda dapat memancing orang lain untuk ikut berpendapat.  Dengan demikian, selain memancing kunjungan yang berulang, siapa tahu, pendapat pembaca yang ditulis di komentar malah ikut menjadi penarik perhatian pembaca lain untuk ikut berpartisipasi.

2. Hak Cipta
Biasanya dalam menulis sesuatu, kadang kita mengutip sebuah tulisan atau artikel dari blog atau website lain. Nah jangan lupa untuk menulis nama atau blog mereka sebagai sumber tulisan kita. Kita harus menghargai hasil kerja keras mereka loh. Jangan mentang-mentang karena di internet serba bebas dan gratis, terus kita dengan seenaknya copy paste tulisan orang lain. Ingatlah menulis itu membutuhkan tenaga dan pikiran.
3. Kualitas dan Kuantitas
Kalau membicarakan masalah kualitas dan kuantitas memang sedikit rumit. Karena secara personal kita tidak bisa menjudge bahwa sebuah tulisan bagus atau tidak. Tapi mungkin kita bisa mengukurnya sendiri dan menjadikan parameter dengan membaca ulang tulisan kita sendiri. Alangkah bijak apabila kita selalu bertanggung jawab terhadap tulisan kita. Selalu bertanyalah pada diri sendiri apakah tulisan kita itu layak dipublikasikan atau tidak? Hmm, sebenarnya karena blog itu agak sedikit berbeda ya dengan buku diary. Apalagi kalau kita mengaitkannya dengan optimalisasi di Search Engine. Kualitas dan kuantitas memang tergantung dari apa tujuan yang akan kita capai. Terkadang memang pengaruh dari kuantitas dan kualitas tulisan itu selalu tidak sama dalam setiap tulisan. Tapi kalau memang kita orientasi untuk berbagi dengan orang lain, mungkin anda pasti akan memberikan sesuatu yang bermanfaat buat pembaca anda.
4. Up to date
Kalau jenis blog anda adalah blog berita, maka pastikan bahwa tulisan anda tersebut tidaklah ketinggalan zaman. Kalau sudah tidak sesuai dengan waktunya, sebaiknya jangan di posting lagi dan mencari berita baru yang sesuai. Kaya berita-berita di Indonesia ini kan selalu update. Kemarin heboh berita Briptu Norman Kamaru Goyang Chaiya-chaiya, eh sekarang hebohnya Norman lagi ciuman sama cewek. Pusing lah kalau mau posting berita-berita di Indonesia. Seringnya lebay dan terlalu diekspos. Tapi kalau memang tulisan anda sifatnya evergreen atau bisa kapan saja di posting dan tidak berkaitan dengan waktu, maka tidak masalah dengan poin ini.
5. Buat batasan sendiri.
Cobalah untuk menuliskan apa yang benar-benar anda ketahui. Karena ini berkaitan dengan hal-hal yang akan timbul di kemudian hari, seperti pertanyaan-pertanyaan dari pembaca. Jadi ketika terjadi hal seperti ini, anda sudah punya persiapan jawaban dan penjelasan yang bisa anda berikan kepada para pembaca. Seperti misalnya di blog ini, walau kategorinya personal blog yang isinya campur aduk, tapi saya membatasi diri dengan beberapa tema yang saya konsisten dalam menulisnya. Misalnya tentang pernikahan, artikel islam dan tips blogging. Ketiga hal ini memang sedikit saya kuasai, jadi apabila nanti ada pembaca yang bertanya saya sudah pastikan untuk bisa menjawabnya.
6. Perbanyak Sumber Anda
Hal ini untuk lebih memvariasikan tulisan atau cukup pastikan bahwa sumber yang anda punya bonafide dan bisa dipertanggungjawabkan.
7. Gunakan cerita atau bubuhkan sedikit emosi
Sebenarnya menulis untuk blog itu sangat berbeda dengan menulis sebuah karya ilmiah. Mungkin, akan lebih baik jika anda membubuhkan sedikit cerita atau imajinasi anda dalam tulisan-tulisan di blog anda. Disamping itu, anda juga bisa memasukkan perasaan yang anda rasakan dalam tulisan anda. Hmm, walau terkesan lebay dan mendramatisir. Tapi pembaca akan merasa enjoy, misalnya ketika anda membuat sebuah postingan yang mempunyai pesan positif dan nasihat didalamnya tapi anda buat dengan gaya bercerita. Pasti pembaca akan lebih menangkap maksudnya daripada anda langsung bilang bahwa wanita yang tidak memakai jilbab pasti akan masuk neraka. Hehe yang ada pembaca akan bete duluan.
Demikianlah 7 hal yang bisa anda pertimbangkan ketika anda akan menulis artikel di blog. Saya mengembalikan keputusannya kepada anda sendiri. Tapi mungkin satu saat nanti, saya yakin anda pun ingin tulisan yang anda buat bisa bernilai tinggi dan tidak lagi menulis dengan asal dan tanpa perhitungan ^^
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar