Sabtu, 23 Juni 2012

Hal Penting Dalam Menulis Artikel Blog

Tidak semua orang bisa menuliskan ide mereka dengan baik. Begitu juga dalam hal menulis konten blog. Dibutuhkan pelatihan dan kerja keras untuk akhirnya bisa menulis dengan baik. Akan Tetapi, beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan ketika akan menulis artikel untuk blog anda.

1.Interaktif
Alangkah baiknya jika blog anda dapat memancing orang lain untuk ikut berpendapat. Dengan demikian, selain memancing kunjungan yang berulang, siapa tahu, pendapat pembaca yang ditulis di komentar malah ikut menjadi penarik perhatian pembaca lain untuk ikut berpartisipasi.



2.Hak cipta
Jika ingin meng-copypaste tulisan orang lain, ingatlah bahwa mereka sudah mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk menulis. Karena itu, hargailah hasil usaha mereka dengan menuliskan nama mereka atau blog mereka sebagai sumber.

3.Kualitas dan kuantitas
Tulisan yang berkualitas memang penting. Namun, jumlah tulisan yang banyak juga berpengaruh positif terhadap blog kita. Blog amat berbeda dengan dunia kepenulisan pada umumnya. Memang, di mana-mana kualitas pasti akan berbicara banyak. Namun, di dalam dunia blog, ada hubungan yang rumit dengan search engine dan unsur-unsur lain yang tidak ditemukan di dunia nyata. Di dalam dunia blog, kuntitas tulisan anda bisa sama atau bahkan lebih berpengaruh daripada sekedar kualitas tulisan. Akan tetapi, tentunya dengan tidak mengindahkan kenyataan bahwa pembaca tetap menginginkan sesuatu yang bermanfaat.

4.Up to date
Pastikan tulisan yang anda buat tidak ketinggalan zaman, terutama blog yang ingin menampilkan berita sebagai tema utama blog-nya. Kalau sudah tidak sesuai dengan waktunya, sebaiknya jangan di-posting lagi dan mencari berita baru yang lebih sesuai, kecuali tulisan yang masuk kategori evergreen atau bisa kapan saja di-posting dan tidak berkaitan dengan waktu.

5.Perbanyak sumber anda
hal ini untuk lebih memvariasikan tulisan atau cukup pastikan bahwa sember yang anda punya bonafide.

6.Gunakan tulisan atau bubuhkan sedikit emosi
Tulisan-tulisan yang ngetop biasanya dituturkan dengan cara bercerita atau bernilai cerita. Mungkin, akan lebih baik jika anda membubuhkan sedikit cerita atau imajinasi anda di dalam tulisan-tulisan blog anda. Di samping itu, anda juga bisa memasukkan perasaan yang anda rasakan dalam tulisan anda. Misalnya, ketika anda menulis tentang kondisi Indonesia yang menyedihkan, atau prestasi indonesia yang membanggakan, dll. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar