Sabtu, 23 Juni 2012

Kunci Sukses Matematika dengan Berpikir Lentur

Kali ini saya berbagi untuk Anda “Kunci Sukses Matematika dengan Berpikir Lentur.” Bahkan dengan berpikir lentur Anda dapat sukses dalam bidang kehidupan yang lebih luas. Anda sukses dalam karir, sukses dalam bisnis, sukses dalam keluarga, sukses bermasyarakat, dan tentu saja sukses Matematika.
Berpikir lentur sangat penting bagi kita. Berpikir lentur memiliki tiga kunci utama. Pertama, kita harus berpikir terbuka. Kedua, berpikir mempercepat kemampuan berpikir. Dan ketiga, kita berpikir dengan cara yang tidak konvensional.
“Mari berlatih berpikir lentur,”
Contoh soal:
Tentukan jumlah seluruh 100 bilangan genap pertama yaitu,
2 + 4 + 6 + 8 + … … … = …

1. Berpikir Terbuka
Untuk menyelesaikan tantangan di atas dengan pikiran lentur kita perlu berpikir terbuka. Kita terbuka dengan ide-ide lain yang memungkinkan.
Solusi umum untuk masalah di atas adalah dengan menggunakan rumus
Sn = n/2 (2a + (n – 1)b)
atau
Sn = n/2 (a + Un)
Jika seseorang hanya menggunakan dua rumus di atas maka orang tersebut sudah menutup diri dari berpikir terbuka. Sedangkan bila kita berpikir terbuka maka kita akan mengembangkan alternatif lain. Misalnya memasangkan suku pertama 2 dan suku terakhir 200.
2 + 200 = 202 ===> 202 x 50 = 10100 (Selesai).

2. Mempercepat cara Berpikir
Kita dapat mempercepat cara berpikir dengan terus melatih pikiran. Cara yang lebih baik adalah dengan mencari alternatif cara berpikir itu sendiri.
Misalnya untuk menyelesaikan suatu masalah perlu 5 langkah. Jika kita menemukan cara dengan 3 langkah tentu lebih cepat kan? Atau kita dapat menggunakan 5 langkah tetapi masing-masing langkahnya lebih cepat dan ringan.
Jika suatu proses berpikir dapat kita lakukan hanya dalam imajinasi maka proses tersebut kita lakukan dengan sangat cepat. Kita ambil contoh di atas.
202 x 50 = (101 x 100) = 10100 (Selesai).
Kita juga dapat berpikir dengan lebih cepat dengan memanfaatkan informasi yang sudah kita ketahui sebelumya. Untuk contoh tantangan di atas kita dapat memanfaatkan 100 jumlah bilangan asli pertama lalu kita kali 2.
Sn = [(100 + 1) x 50] x 2 = 10100 (Selesai).

3. Berpikir dengan cara yang tidak Konvensional
Berani berpikir tidak konvensional adalah berani berpikir tidak masuk akal. Untuk ukuran orang-orang masa kini pikiran kreatif sering dianggap tidak masuk akal. Kita harus membiasakan diri dengan anggapan keliru dari luar. Anggapan tersebut kita terima sebagai memperkaya perspektif.
Misalnya, untuk contoh di atas, pemikiran tidak konvensional dapat kita coba dengan,
2 + 4 + 6 + 8 + … … … = …
Sn =  n^2 + n
= 100^2 + 100 = 10.100 (Selesai).
Bagaimana menurut Anda?
Salam hangat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar